Selasa, Maret 10, 2009

Penyesuaian di sekolah baru

Jika anak anda memasuki periode kenaikan kelas atau bahkan pindah ke sekolah baru, tentu saja di minggu-minggu pertama kemungkinan besar anak anda mengalami kegelisahan. Tips-tips yang diolah oleh para staf GreatSchools.net di bawah ini sangat disarankan untuk mengurangi kegugupan dan melancarkan perjalanan anak anda memasuki sekolah dan lingkungan baru.

• Kerjasama dengan Anak Anda
Jika anda memiliki beberapa pilihan sekolah, diskusi dengan anak anda tentang kurikulum dan aktitivitas yang ditawarkan di tiap sekolah tersebut. Terutama dalam hal memilih subjek pelajaran, pastikan anak anda ikut dalam proses ini.
• Fokus Hal-hal yang Positif
Sebelum hari pertama mulai, bicara tentang kekhawatirannya, dan tanya apa yang anak anda ingin raih dan harapan lainnya dari sekolah baru. Selalu yakinkan anak anda bahwa perasaan seperti ini juga dialami oleh anak-anak yang lain. Jangan lupa beri semangat dengan memberitahu bahwa ia akan memiliki teman dan pelajaran yang baru, dan itu adalah suatu pengalaman yang baik.
• Beri Motivasi untuk Aktif di Kegiatan Sekolah
Sarankan anak anda untuk berpartisipasi di beberapa kegiatan olahraga, seni, sosial, atau rohani sekolah yang ia tertarik. Melalui cara ini, berkemungkinan besar anak anda akan tetap aktif dengan pelajaran kelas.
• Rutinitas Bangun Pagi
Usai liburan, kebanyakan anak masih bermalasan untuk bangun pagi. Penting sekali bagi orangtua untuk mendidik kembali anak anda untuk bangun pagi dua atau tiga minggu sebelum hari pertama.
• Praktik Berjalan di Lingkungan Baru
Jika keluarga anda pindah kota dan tinggal di kawasan baru, penting sekali anda mengajak anak untuk melihat tempat-tempat dekat rumah seperti kediaman tetangga, halte bus, taman, atau tempat-tempat lainnya.
• Siapkan Alat-alat Sekolah di Jauh Hari
Buku, alat tulis, seragam, dan barang sekolah lainnya lebih baik dipersiapkan beberapa minggu sebelumnya, dan catat jika ada sesuatu yang lain yang perlu dibeli sebelum sekolah mulai.
• Persiapkan di Malam Sebelumnya
Supaya tidak terburu-buru di pagi hari sebelum mengantar anak berangkat sekolah, siapkan makan siang, seragam, dan buku-buku di malam sebelumnya. Turunkan kebiasaan baik ini kepada anak anda.
• Rutinitas Makan Pagi
Didik anak anda untuk makan pagi sebelum sekolah, dan ajarkan kebiasaan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat, hindari junk food sesering mungkin.
• Selalu Temani Anak Anda
Jika anak anda naik bis atau memakai pelayanan antar-jemput sekolah, selalu antar mereka sampai berada di kendaraan tersebut.
• Perkenalkan Diri Anda
Kebanyakan anak, khususnya usia Sekolah Dasar, seringkali merasa malu untuk bertemu dengan guru barunya. Ada baiknya jika anda menemani sang anak ke sekolah di hari pertama untuk bertemu gurunya dan perkenalkan diri anda, dan diskusi tentang ketertarikan dan tantangan anak anda sebagai murid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendidikan Guru penggerak Angkatan 6 pada saat ini, sudah memasuki pada modul ke-3 di bulan Februari 2023 sampai pada tugas 3.1.a.8 Koneksi ...